Guru Idaman Siswa


 Mempersiapkan bahan sebelum pembelajaran merupakan kewajiban mutlak yang harus dilakukan Guru Idaman Siswa
Berikut ini 10 syarat menjadi guru idaman siswa (By: Muhammad Tohir)
  1. Guru yang menguasai bahan pelajaran. Mempersiapkan bahan sebelum pembelajaran merupakan kewajiban mutlak yang harus dilakukan oleh seorang guru. Adanya persiapan yang matang akan menghipnotis keberhasilan belajar.
  2. Dalam mengajar selalu menggunakan seni administrasi pembelajaran aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan (PAIKEM). Setiap bahan mempunyai cara penyampaian yang beragam. Guru jangan hanya terpaku dengan satu metode aja. Misalnya hanya ceramah. Juga gunakan metode yang menyenangkan, yaitu yang membuat siswa aktif dan melaksanakan sendiri. Misalkan dengan menggunakan metode eksperimen/praktikum, dengan pengamatan langsung/ pembelajaran alam sekitar, dengan metode cerdas cermat, dengan pembelajaran yang menggunakan alat bantu "audio-visual", dengan metode permainan atau game, dan lain-lain.
  3. Guru yang bisa menunjukkan motivasi berguru pada muridnya. Pemberian dorongan untuk siswa sanggup dilakukan pada dikala pada dikala penyampaian tujuan pembelajaran atau pada dikala pertengahan pembelajaran atau di akhirpelajaran. Disaat itulah perlu disampaikan untuk apa beliau mempelajari itu, dan apa kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Agar siswa sanggup memahami mamfaat pribadi dari mempelajari bahan tersebut. Apabila pada dikala proses pembelajaran anak mengalami kelelahan dan kebosanan, ciptakanlah suasana menyenangkan.
  4. Guru yang bisa membuat kondisi berguru mengajar yang kondusif. Proses berguru mengajar akan kondusif, kalau guru sudah menguasai bahan pelajaran dan pastilah dalam memberikan bahan tersebut dengan lezat dan gampang dipahami oleh siswa serta guru tersebut akan sanggup menunjukkan evaluasi yang objektif. 
  5. Guru yang humoris. Menjadi guru yang humoris merupakan salaah satu syarat supaya pembelajaran tidak membosankan. Karena pada pelajaran tertentu terkadang membutuhkan konsentrasi yang serius, disaat persoalan terpecahkan perlu diselingi dengan cerita-cerita humor yang sanggup mencairkan suasana. 
  6. Menyelingi pembelajaran dengan game. Memberikan permainan atau game kepada siswa pada dikala pembelajaran sangatlah diharapkan supaya pembelajaran ibarat bermain. Game disini dipakai untuk mengenalkan kepada siswa bahwa berguru matematika itu asik, kreatif, dan menyenangkan.
  7. Guru yang menjaga wibawa. Guru yang berwibawa akan tercermin dari tingkahlakunya atau sikapnya di dalam kelas atau di luar kelas.
  8. Guru yang bisa menjadi referensi atau suri tauladan. Menjadi referensi atau suri tauladan merupakan yang pertama dan utama sebagai seotang guru. Katanya orang Jawa, guru itu digugu dan ditiru.
  9. Guru yang selalu berpenampilan menarik dan murah senyum serta sabar. Menjaga penampilan yang menarik bagi seorang guru merupakan suatu keharusan, alasannya ialah kalau seorang guru berpenampilan menarik dan rapi akan membuat siswa merasa betah dengan guru. Apalagi kalau guru tersebut ditambah dengan murah senyum yang nrimo kepada siswa, maka para siswa akan menyukai guru tersebut.
  10. Guru yang Up To date. Guru yang up to date sanggup berkembang lebih cepat dari yang lain, alasannya ialah guru yang mengajar dengan mempunyai wawasan yang luas dan menggunakan cara-cara singkat dalam pemecahan masalah. Hal ini bisa diperoleh kalau seorang guru terus mencari informasi-informasi terbaru. Misalnya, kemampuan analisis seorang guru sanggup berkembang kalau selalu berusaha memecahkan soal-soal yang sifanya menalar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Dan Pembahasan Stis 2016 (Part-6)

Rumus Statistika

Kentut Dalam Perspektif Guru